Keutamaan hari jum'at dalam islam dan sunah sunah di hari jum'at


Hari jum'at dalam bahasa jepang yaitu KING YOUBI yang mana kalau dibahasa indonesiakan rajanya hari, jadi keistimewaan hari jum'at itu memang sudah diakui oleh seluruh umat manusia. Dan bahkan hari jum'at itu membawa banyak berkah karena sholat yang paling ramai itu biasanya sholat jum'at , yang mesjid nya sepi kalau pas sholat jum'at pasti rame. Tapi kita tidak boleh hanya ke mesjidnya sholat jum'at saja laki-laki itu diwajibkan untuk sholat di mesjid/mushola jadi kita usahakan kalau tidak ada urusan yang penting usahakan sholat lah di mesjid ramaikan mesjid sebagai tempat ibadah yang suci.

Dan dihari jum'at juga nabi adam diciptakan seperti yang tercantum dalam hadist riyawat Muslim no. 854.

"Sebaik baiknya hari yang matahari terbit padanya adalah hari jum'at, pada hari ini adam diciptakan pada hari ini nabi (adam) dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari ini pula ia dikeluarkan dari surga, dan tidaklah kiamat akan terjadi kecuali pada hari ini." (HR. Muslim No.854).

Sunah sunah yang biasa dikerjakan dihari jum'at : 

- Membaca Surat Al-Kahfi.



Membaca surat al-kahfi itu disunahkan dibaca di hari jum'at dari ayat 1 sampai 10, bila sampai habis surat juga itu lebih bagus lagi. Banyak kisah mengenai Surat kahfi ini dari cerita ashabul kahfi pemuda yang yang terjebak selama 309 tahun di dalam gua ashabul kahfi karena sedang dikejar oleh pasukan dikyanus, dan anjing yang masuk surga karena ikut dalam gua ashabul kahfi tersebut.

- Berdoa di waktu waktu terbaik di hari jum'at

Yaitu dari waktu ashar sampai waktu magribnya dimulai hari jum'at itu merupakan waktu terbaik untuk kita berdoa dengan khusyu, selain itu pada waktu sholat jum'at ada juga waktu terbaiknya yaitu saat imam duduk dimimbar sampai selesai sholat jum'at , untuk lebih jelasnya kita liat hadist tersebut.

✔️Asy-Syaikh Ibnu Baz rahimahullah berkata: "Maka sepatutnya untuk memperbanyak doa di hari Jumat dengan harapan bertepatan dengan waktu yang penuh berkah ini, akan tetapi sepatutnya juga untuk lebih memperhatikan tiga waktu ini, karena Rasulullah Saw. telah bersabda bahwa itu adalah waktu dikabulkannya do’a. Semoga Allah memberikan taufiq." (Fatawa Ibni Baz rahimahullah, 12/402)
1. Ketika khatib duduk di atas mimbar sampai selesai sholat Jumat Rasulullah Saw. bersabda yang artinya: "Waktunya adalah di antara imam duduk diantara dua khutbah sampai sholat dilaksanakan." (H.R. Muslim dari Abu Musa Al-Asy'ari r.a.)
2. Setelah Ashar sampai Maghrib Rasulullah Saw. bersabda yang artinya: "Sesungguhnya di hari Jum'at ada satu waktu yang tidaklah seorang muslim memohon kebaikan kepada Allah Swt. di waktu tersebut kecuali Allah akan mengabulkannya, waktunya adalah ba'da Ashar." (H.R. Ahmad dari Abu Hurairah dan Abu Sa'id al-Khudri radhiyallahu'anhuma)
3.Akhir hari Jumat, yaitu menjelang MaghribRasulullah Saw. bersabda yang artinya: “Hari Jumat itu dua belas saat, tidak ada seorang muslim pun yang memohon sesuatu kepada Allah (pada salah satu saat) kecuali Allah akan mengabulkan permohonannya, maka carilah (waktu pengabulan itu) di akhir saat setelah Ashar.” (H.R. an-Nasaa’i dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu’anhuma, Shahihut Targhib: 703)
- Memperbanyak sholawat




Sholawat adalah memuji Nabi kita Nabi Muhammad SAW. Dan sholawat merupakan hal yang sangat disukai oleh anak mudah jaman sekarang dikarenakan nada dari sholawat sholawat dikreasikan menjadi alunan nada yang membuat hati kita tersentuh atau ingin membacanya atau mendengarnya contohnya sholawat yang sedang viral dinyanyikan oleh grup gambus sabyan dan dinyanyikan oleh vocalisnya yaitu khoirunissa yang membawakan sholawat ya habibal qolbi.

- Mandi sebelum sholat jum'at.




Mandi sebelum sholat jum'at itu juga disunahkan dan jangan lupa memakai wewangian dan juga baju putih, usahakan disegerakan berangkat ke masjid sebelum adzan jum'at.


Quote Hijrah : Mengulang doa ibarat mengayuh sepeda lama kelamaan pasti akan sampai juga

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel