Apa Bedanya Rukun dan Fardhu ? Mungkin sudah banyak yang tau



Rukun merupakan sesuatu pekerjaan yang harus dimulai sebelum melakukan pekerjaan. Rukun juga dapat dikatakan sebagai sendi atau dasar untuk melakukan sesuatu. Rukun juga dapat dikatakan sebagai sesuatu yang harus dikerjakan dalam memulai suatu pekerjaan / atau menurut islam rukun adalah syarat yang harus dilakukan dengan cara urutan yang sudah di tentukan. (Wikipedia)

Dan apa itu Fardhu, Fardu atau Fardhu dalam bahasa Arab adalah status hukum dari suatu aktivitas yang harus/wajib dilaksanakan. Dalam hukum Islam, fardu memiliki arti yang sama dengan status hukum wajib. Meninggalkan yang fardu berarti mendapat konsekuensi dosa, sedang melaksanakannya mendapat konsekuensi kebaikan. (Wikipedia)




Sebenarnya sama saja fardu dan dan rukun sama sama yang harus dikerjakan dalam sesuatu perkara misal rukun sholat yaitu langkah langkah dalam melaksanakan sholat dan harus di lakukan secara berurut misal dari takbiratul ihram kita membaca doa istiftah , sedangkan fardhu langkah langkah yang dilakukan secara terurut tetapi pelaksanaanya bisa ditunda dulu seperti fardhu wudhu contohnya setelah membasuh muka kita boleh melakukan pekerjaan yang lain dan bisa dilanjut lagi selama air wudhu itu belum kering.

Islam mempunyai mempunyai banyak sekali rukun salah satu nya adalah rukun islam , berikut adalah rukun rukun islam


Rukun Islam ada 5 yaitu : 



1. Membaca 2 Kalimat Syahadat


 Kalimat Syahadat adalah salah satu rukun islam yang pertama yang harus dilakukan jika kalian ingin masuk islam bagi yang awalnya non islam, tetapi jika kita sudah muslim kita pasti sering membaca pada saat sholat yaitu pada bagian tahiyat sesudah baca tahiyat kita akan membaca kalimat syahadat tersebut. Kalimat syahadat tersebut berbunyi :

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ
Artinya : 
"Aku Bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad SAW adalah Utusan Allah".

2. Sholat


Sholat adalah rukun islam yang kedua. Sholat merupakan kewajiban bagi muslim yang sudah akil baligh, jika kita tidak sholat kita akan mendapat dosa itu berlaku untuk sholat 5 waktu sholat yang wajib, sholat 5 waktu yang wajib itu ada lima yaitu sholat Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya, Subuh. Kenapa sholat itu penting bagi umat islam karena yang akan dihisab pada hari kiamat nanti yang pertama adalah sholat jika sholatnya tidak benar atau jarang sholat maka amal yang lainnya pasti kacau.

3. Zakat



Zakat adalah kewajiban seorang muslim memberikan sebagian harta kita kepada orang lainsesuai dengan ketentuan agama kepada orang yang membutuhkan.

Zakat terbagi 5 :


  1. Binatang Ternak
  2. Barang Berharga
  3. Hasil Pertanian
  4. Buah - Buahan
  5. Barang - Barang Dagangan


Baca Juga Macam - macam zakat dan syarat dikeluarkannya zakat

4. Puasa




Puasa banyak sekali macam - macam nya dari puasa yang sunah sampai yang wajib. Puasaa adalah menahan diri dari waktu imsaq sampai waktu maghrib dari godaan hawa nafsu dan menahan diri dari makan dan minum sampai waktu yang ditentukan. Puasa ada puasa wajib ada puasa sunah, puasa wajib yaitu puasa ramadhan yang dilaksanakan satu tahun sekali satu bulan pada bulan suci ramadhan, sedangkan puasa sunah ada banyak seperti puasa senin kamis, puasa mutih, puasa arafah , puasa tarwiyah, puasa 10 muharram dan masih banyak lainnya. 

5. Haji






Haji adalah panggilan umat muslim untuk pergi ke tanah suci makkah almukaramah untuk bertawaf, bersa'i, lempar jumrah dan yang lainnya sesuai dengan rukun dan syarat yang tertera dalam hadist nabi. Haji boleh dilaksanakan jika kita sudah mampu dan memang sudah ketetapan Allah orang tersebut akan berangkat haji.


Rukun rukun dalam islam ada banyak salah satunya yaitu rukun islam, nah kalau fardhu contohnya fardhu wudhu bisa diliat di Fardhu Fardhu Wudhu dan Sunahnya


Dikutip dari : Kitab fiqih praktis madzhab syafi'i (matan abu syuja')

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel