3 Ilmu yang wajib dipelajari dalam menjadi seorang muslim


Ilmu adalah sesuatu yang wajib kita cari kalau kita melakukan apa apa harus dengan ilmu, karena itulah ilmu itu penting, ada suatu pepatah mengatakan carilah ilmu hingga ke negeri cina. Ilmu kalau dibahasa indonesiakan yaitu pengetahuan, ilmu diambil dari kata 'alima - ya'lamu alman, jadi ilmu artinya pengetahuan.

Ilmu itu penting sekali bagi kehidupan manusia tetapi ada beberapa ilmu yang wajib kita ketahui sebagai seorang muslim , karena kalau kita melakukan ibadah harus menggunakan ilmu.

Ilmu ilmu tersebut ialah : 

Ilmu Tauhid

Ilmu tauhid yaitu ilmu tentang keesaan Allah dan apa saja yang harus kita yakini sebagai seorang mukmin. Ilmu tauhid berisi masalah - masalah yang berkenaan dengan sifat sifat Allah , Rasul rasul Allah , dan rukun iman yang wajib dipenuhi dan ditunaikan.

Ilmu Fiqih

Ilmu tetntang segala aturan pelaksanaan ibadah dan syariat islam. Bagiamana sholat biar sah , bagaimana cara berwudhu yang benar, apa saja hal- hal yang membatalkan puasa, bagaimana tata cara dan aturan berzakat dan hal - hal lainnya, seputar pelaksanaan ritual ibadah dalam islam

Ilmu akhlak & tasawwuf

Akhlak adalah perwujudan keimanan seorang dalam konteks hubungan horizontal dengan manusia lainnya. Sedangkan tasawwuf membantu dan melatih untuk benar - benar merasakan kehadiran Allah SWT.

3 ilmu tersebut wajib kita pelajari dan kita amal kan dalam kehidupan kita didunia ini , dan juga karena ketiga ilmu diatas sangat mendasar, maka ketiganya harus diperoleh dan dipelajari dari seorang guru, seperti belajar kepada guru ngaji. 

Dikarenakan tidak cukup hanya dengan membaca buku atau mempelajarinya secara otodidak, nanti malah akan membuat kita bingung dalam mempelajarinya.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel