Niat Menuntut Ilmu menurut pandangan islam



Menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim dan muslimah. Belajar atau menuntut ilmu adalah keharusan bagi setiap manusia jika kita tidak belajar dan tidak mencari ilmu kita tidak akan bisa mencapai sesuatu hasil.

Belajar tidak ada akhirnya , dimulai kita baru lahir juga kita akan belajar sampai akhir. Tapi kalian harus gunakan ilmu itu kepada yang baik baik , jangan kita gunakan ilmu ilmu yang kita dapat untuk merugikan orang lain.

Berikut niat menuntut ilmu menurut pandangan islam :

1. Sebagai bentuk beribadah kepada Allah SWT.

Mencari ilmu itu sama saja dengan beribadah kepada Allah , dikarenakan kita mencari ilmu untuk beribadah, dan untuk bertaqwa kepada-Nya. Kita menuntut ilmu dan ilmu itu digunakan untuk beribadah kepada Allah SWT. 

2. Membantu orang lain.

Menuntut ilmu itu sangat menguntungkan dan sangat bermanfaat untuk diri sendiri ataupun itu untuk orang lain. Ilmu itu bisa bermanfaat bisa merugikan , misal ilmu yang bermanfaat itu ilmu yang bisa mengajarkan orang lain sesuatu misal ilmu yang mengajarkan membaca , ilmu yang mengajarkan mengaji, ilmu yang mengajarkan berbakti kepada orang tua, tetapi ada juga ilmu yang dapat merugikan orang lain, contohnya ilmu untuk membunuh, ilmu yang digunakan untuk menghipnotis orang lain, ilmu yang sifatnya membahayakan.

3. Istiqomah dalam hal menuntut ilmu untuk waktu yang lebih lama.

Menuntut ilmu itu pasti banyak godaan nya, ada yang berenti di tengah jalan, ada juga yang males melanjutkan, ada juga yang merasa sudah sangat pintar tapi padahal menuntut ilmu itu tidak ada akhir nya. Maka dari itu niatkan menuntut ilmu agar di istiqomahkan untuk ilmu yang bermanfaat kedepannya.

4. Rasa syukur atas nikmat sehat yang diberikan.

Bersyukur atas nikmat sehat yang diberikan adalah salah satu cara agar kita selalu istiqomah membantu orang lain untuk beribadah kepada Allah SWT. Bersyukur mendapat ilmu itu juga menghindari kita dari sifat sombong. Dan juga sehat penting dalam kita menuntut ilmu agar kita senantiasa bersyukur.

Dikutip @cartoon.muslimah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel