Minuman yang tidak disangka mendapatkan pahala jika menggunakan metode ini


Sebenarnya semua minuman sama kalau menggunakan metode 2,3,4 ini pasti akan mendapat pahala tersendiri, tetapi ada satu minuman yang disebutkan dalam hadist. Minuman tersebut ialah Kopi.

Siapa sangka minuman kopi ada dalam sebuah hadist dan minuman kopi adalah hal yang biasa kita lakukan ketika kita sedang santai ataupun sedang melakukan aktifitas lainnya itupun yang suka dengan kopi.

Kopi merupakan minuman cepat saji yang hanya disajikan dengan diseduh dengan air panas dan langsung diseruput. Ada banyak jenis kopi dari kopi biji, kopi bubuk dan kopi dari kotoran hewan (luwak).


Berikut Hadist bagaimana minum sebuah kopi mendapatkan pahala : 

1. Jangan meniup kopi.

Meniup minuman itu tidak boleh dikarenakan akan ada karbondioksida yang masuk kedalam minuman tersebut , sama saja kita meminum kopi yang ada karbondioksidanya. Sama seperti kopi yang kehilangan khasiatnya. "Tunggu Kopi hingga agak dingin, jangan ditiup". (HR. Ahmad 1907)

2. Baca Bismillah sebelum minum.

Saat kita ingin meminum sesuatu hendaknya di awali dengan membaca "bismillahirrahmaanirrahiim" , karena kalau kita mengawali nya dengan membaca bismillah InsyaAllah minuman yang akan kita minum dijaga oleh Allah SWT. 

Sehingga gangguan gangguan yang ada di minuman tersebut terhapuskan , dan jangan membacanya didepan air minumnya, usahakan agak jauh dikit agar saat kita membaca bismillah tersebut air tidak tertiup. "Baca 'Bismillah' sebelum minum". (HR. Muslim 2017)

3. Memakai tangan kanan

Sesuatu yang baik biasanya dilakukan dengan tangan kanan. Misalnya makan , minum dan yang lainnya. Karena kalau kita meminum dengan kiri itu adalah perbuatan syetan. Dan tangan kiri biasanya dipakai untuk membersihkan saat kita buang air kecil. Maka dari itu gunakanlah tangan kanan untuk minum. "Minum dengan tangan kanan". (HR. Muslim 2020)

4. Minum sambil duduk

Minum dengan duduk merupakan perbuatan yang sopan, dan juga santun. Dan kita tidak boleh minum sambil berdiri dikarenakan kalau kita minum sambil berdiri air yang kita minum akan langsung kebawah, dan itu tidak dianjurkan. 

Nantinya kita akan cepat buang air kecil. Tetapi ada satu hadist yang mengatakan bahwa Ibnu ‘Abbas radhiyallahu anhuma berkata,Aku memberi minum kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dari air zam-zam, lalu beliau minum sambil berdiri” (HR. Bukhari no. 1637 dan Muslim no. 2027)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel