Masjid 610 tahun Di turki dipindahkan menggunakan robot canggih


Turki terkenal dengan negara yang mayoritasnya muslim dan presiden nya yang selalu pro terhadap muslim di seluruh dunia. Turki juga mempunyai ibukota yang cantik nan indah yaitu istanbul. Istanbul terletak di antara benua eropa dan asia, jadi wajar saja banyak sejarah yang tercipta di kota tersebut.

Kota tersebut juga pernah dijuluki kota konstatinopel oleh konstanta romawi pada jamannya. Kini kota tersebut menjadi kota terpadat yang menjadi pusat keramaian , perekonomian , budaya dan sejarah pada kota tersebut. 

Dan apakah kalian tahu ? bahwa di turki ada sebuah masjid yang ingin dipindahkan ke taman budaya baru karena di tempat sebelumnya akan dibuat bendungan. Mesjid ini bernama masjid Eyyubi yang sudah berusia lebih dari 600 tahun tepatnya 610 tahun diturki.



Masjid tersebut dipindahkan menggunakan robot canggih yang dilengkapi oleh lebih dari 300 roda dan masjid yang didirikan pada abad ke - 15 ini terlebih dahulu dibagi menjadi tiga bagian Satu per satu bagian dengan bobot total 4.600 ton ini kemudian direlokasi ke Taman Budaya Baru Hasankeyf. 

Di kota kuno Hasankeyf banyak berdiri bangunan-bangunan bersejarah milik umat Islam dan Kristen yang masih terjaga hingga saat ini. Dan kota tersebut sering dikenal dengan nama kota batman.


Baca juga : Masjid Indonesia yang kokoh saat diterjang tsunami

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel