Amalan Ibadah yang bisa dilakukan ketika wanita sedang mengalami masa haid


wanita memang sudah dari sananya pasti mengalami namanya haid , yang dimulai dari pertanda akil baligh yaitu haid. Memang jikalau sedang haid pasti kita akan merasa tidak enak rasanya tidak mau melakukan apa apa.

Dan biasanya kalau wanita sedang haid pasti dia tidak bisa melakukan ibadah seperti sholat membaca qur'an masuk mesjid dan lain lain tapi sebenarnya ada amalan ibadah yang bisa dilakukan wanita ketika sedang haid, yaitu : 

1. Berdzikir dan berdoa.


Berdzikir dan berdoa adalah hal yang dapat dilakukan pada orang yang sedang haid atau pun tidak tapi ibadah ini adalah salah satu yang dapat dilakukan ketika wanita sedang haid misal (berdoa setelah adzan, doa seusai makan, doa memakai bau ataupun doa hendak mau masuk ke wc, dll).

2. Membaca dzikir mutlak sebanyak mungkin.


Membaca dzikir adalah hal yang mudah di lakukan apalagi kalau sedang haid kita tidak bisa sholat dan membaca Al-Qur'an yah digantinya dengan membaca dzikir seperti tasbih (subhanallah) , tahlil (la ilaha illallah), tahmid (alhamdulillah), dan dzikir lainnya..

3. Belajar Ilmu agama.


Belajar sangat penting bagi semua manusia , tapi belajar ilmu agama adalah hal yang sangat sangat penting bagi umat muslim dan juga membaca seperti cerita para nabi , cerita sahabat sahabat nabi , dan cerita asal mula islam dahulunya, itu juga merupakan amalan yang dapat dilakukan oleh wanita ketika sedang haid.

4. Mendengarkan ceramah.


Mendengar ceramah adalah ibadah yang hanya dilakukan dengan mendengar ceramah dari ustadz ustadz, dan juga sangat bermanfaat bagi kita. Apabila kita belum mengetahui apa saja tentang ilmu fiqih dan lainnya bisa ditanyakan kepada penceramah dan kita juga mendapat pengetahuan dan menjadi tau.

5. Bersedekah, berinfaq atau ikut amal sosial keaagaman.


Bersedekah yakni hal yang membagi sebagian harta yang memang adalah milik mereka. Bersedekah harus dilakukan dengan ikhlas dan juga jangan mengungkit ngungkit kalau kita pernah bersedekah kepada dia. Dan bersedekah adalah salah satu ibadah yang dapat dilakukan saat wanita sedang haid.

Jangan berhenti ibadah  dan jangan malas beribadah walaupun wanita sedang mengalami haid.
Dikutip : Instagram@gresik_mengaji

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel