8 Khasiat Surat Al-fatihah jika dibaca secara rutin



Al-fatihah adalah surat pembuka dari Al-Qur'an, dan surat tersebut yakni surat yang paling agung dalam al-'Qur'an dan mempunyai banyak sekali nama. Surat Al-fatihah juga disebut dengan al-sab'u al-matsani yang berarti tujuh surat ang dibaca berulang-ulang di setiap shalat dan lainnya. Disamping itu, al-Fatihah juga memiliki nama Al-Qur'an al-'Adzim. Rasulullah saw. penah besabda kepada Abu Sa'id bin al-Mu'ally, "aku akan mengajarimu sebuah surat ,yaitu surat ag paling agung di dalam al-Qur'an. Alhamdulillahi rabbil 'alamin adalah al-sab'u al-matsani dan Al-Qur'an al-adzim yang disampaikannya." (HR.Bukhari).


Rasulullah Saw dalam menyebut al-Fatihah sebagai an-Nur (cahaya). Dalam sabdanya beliau menyatakan bahwa Malaikat jibril menginformasikan kepada beliau bahwa dua cahaya yang dianugerahkan kepada Nabi, namun tidak diberikan kepada nabi sebelumnya, yakni pembuka al-Kitab (al-Fatihah) dan penutup surat al-Baqarah (ayat 284-286),. (HR.Muslim).



Dan berikut adalah 10 khasiat surat al fatihah :

1. Agar segala keinginan terkabulkan.



Guru penulis KH. Machfud Ma'shum pernah memberikan ijazah berupa surat al-Fatihah ini. Menurut beliau, jika kita menginginkan agar semua cita-cita kita terkabulkan, maka hendaknya kita membaca surat al-Fatihah ini sebanyak seratus kali setiap selesai menjalankan shalat fardhu. Ini pula yang diajarkan oleh Syaikh al-Imam Ahmad bin Ali al-Buni. Menurut al-Buni, ada cara lain yang bisa kita lakukan, yakni dengan membacanya sebanyak 30 kali setelah shalat Subuh, kemudian 25 kali sesudah shalat Zuhur, lalu 20 kali setelah shalat maghrib dan 10 kali sesudah shalat isya, sehingga hitungannya sebanyak 100 kali.

2. Dapat menggapai ilmu hikmah, kecerdasan, dan kejernihan hati



Surat al-Fatihah bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendapatkan ilmu hikmah , hati yang bersih, dan kecerdasanna adalah dengan membaca surat al-fatihah sebanyaak 70 kali dalam keaadan succi dan dilakukan selama 7 hari berturut-turut. Setiap selesai membaca lalu minum air yang suci dan setelah itu air tersebut diminum. Insya Allah , dengan cara seperti ini, Allah swt. akan memberinya rezeki berupa ilmu hikmah dan dibersihkan dari segala fikiran yang merusak,. Selain itu, Allah juga akan memberinya kecerdasan serta tidak gampang lupa pada sesuatu ang didengarnya.

3. Menggapai Cita Cita



Diriwayatkan dari Saikh Muhyiddin al-Arabiy, bahwa barang siapa yang memiliki kebutuhan, maka hendaknya ia mau membaca surat Al-Fatihah sebanyak 40 kali sehabis mengerjakan shalat Maghrib dan sunah ba'diyah serta jangan berdiri sebelum selesai membacanya. Lalu berdoa dengan apa yang dibutuhkan. Insya Allah, doa yang dipanjatkannya itu akan dikabulkan Oleh-nya.

Syaikh Muhyiddin al-Arabi mengatakan bahwa doa ini sangat mujarab dan bahkan ia sendiri telah merasakan manfaatnya. Doa tersebut berbunyi : 

اِلَهِى عِلْمُكَ كَافٍ عَنِ السُّؤَالِ اِكْفِنِى بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ سُؤَالاً وَكَرَمُكَ كَافٍ عَنِ  الْمَقَالِ اَكْرِمْنِى بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ مَقَالاً وَحَصِّلْ مَا فِى ضَمِيْرِى

ilaahi 'ilmuka kaafin 'anis suaali ikfinii nihaqqil faatihati suaalan wa karamuka 'anil maqaali akrimnii bihaqqil faatihati maqaalan wa hashsil maa fi dhamiirii.

Artinya : Wahai Tuhan kami, ilmu-Mu tidak membutuhkan permohonan, karena itu cukupkanlah aku dengan haq ang dimiliki surat al-Fatihah sebagai permohonan, dan kemuliaan-Mu tidak membutuhkan ucapan, karena itu muliakanlah aku dengan haq yang dimiliki surat al-Fatihah sebagai sebuah ungkapan, dan penuhilah apa yang ada dalam hatiku."

4. Mencari kewibawaan dan jabatan



Surat al-Fatihah juga berkhasiat untuk menambah kewibawaan dan juga meraih jabatan. Caranya adalah dengan membacanya secara rutin sehabis shalat fardhu sebanyak 20 kali. Insya Allah, Dia akan memberi kelapangan rezeki , tingkah laku yang baik hati yang terang, wajah bersinar, dimudahkan melakukan pekerjaan, dihilangkan segala kesusahan, dan llah akan mengabulkan apa saja yang diinginkannya, seperti kemuliaan, kewibawaan, kebahagiaan , jabatan yang tinggi, keturunan yang berkah dan lainya sebagainya.

5. Agar selamat dari utang yang menumpuk



Tentu kita ingin agar hidup ini lepas dari utang. Nah , surat al-Fatihah ini berhasiat agar kita terhindar dari belenggu utang yang menumpuk. Caranya adalah dengan membaca surat al-Fatihah sebanyak 41 kali setalh shalat sunah qabliyah subuh dan shlaat fardhu subuh, lalu berdoa seperti dibawah sebanyak 1 kali, atau akan lebih utama jika dibaca 3 kali. Berikut adalah doanya

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزْنِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَ اَعُوْذُبِكَ ِمنْ غَلْبَةِ الدِّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a'udzubika minalhammi walhazni wa a'udzubika minal 'ajzi walkasali wa a'udubika min golbatiddayni waqohririjaal.

Artinya : "Ya Allah sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari kesusahan dan duka cita. Aku memohon perlindungan kepada-Mu dari lemas dan malas. Aku memohon perlindungan kepada-Mu dari takut dan kikir. Aku memohon perlindungan-Mu dari utang ang menumpuk dan paksaan orang banyak". (Dibaca 1 kali atau yang lebih utama 3 kali).

 6. Obat sakit kepala.



Diriwaatkan dari Ibnu Abbas ra., ia berkata, "Sesungguhnya Hasan putra Ali tengah menderita sakit, sampai-sampai Rasulullah SAW. merasa prihatin dengan keadaannya, sehingga Allah SWT. menurunkan wahyu yang mengatakan, "Wahai Muhammad, bacal olehmu surat al-Qur'an yang tidak memiliki huruf fa'(maksudnya membaca al-Fatihah)'. Karena huruf fa' itu berasal dari kata aafaat atau bahaya. Bacalah pada wadah yang telah diisi dengan air. Kemudian percikkan (usapkan) air tersebut pada orang yang sakit panas, maka air itu akan bermanfaat baginya (menyembuhkannnya)".

7. Memudahkan pekerjaan.



Sebagian ulama berkata , "Barang siapa yang membaca surat al-fatihah secara rutin sebanyak 41 kali di waktu sahur (menjelang subuh), maka Allah akan membukakan pintu rezeki baginya dan dimudahkan dalam menjalani segala macam pekerjaan, tidak mengalami kesulitan dan kepayahan".

8. Mengobati Sakit mata dan gigi.



Termasuk khasiat surat al-Fatihah adalah mengobati sakit mata dan sakit gigi. Caranya adalah dengan membaca surat al-Fatihah sebanyak 41 kali di antara shalat sunah qabliyah subuh dan fardhu subuh. Khususkan bacaan tersebut pada mata atau gigi yang sakit. Insya Allah akan lekas sembuh.


Dikutip dari Buku pegangan doa dan zikir keselamatan RATIBUL HADDAD

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel