Apakah kamu tahu ? Shalat mencegah badan dari penyakit jantung


Jantung selamanya bergerak memompa darah dan mengedarkannya ke seluruh badan. Di antara pekerjaan jantung yang paling sulit adalah mengedarkan darah ke kepala karena letaknya yang berlawanan dengan gravitasi bumi. Dalam sujud yang dilakukan ketika sedang shalat, janung akan dengan mudah mengedarkan darah ke otak, mata, hidung, telinga, dan lainnya karena untuk sementara letak kepala berada di bawah jantung. Tidak diragukan lagi bahwa sujud yang lama dapat menenangkan jantung dan memperlancar kerjanya.

Ketika kita duduk atau berbaring dengan meletakkan kepala di atas bantal, kepala masih berada di atas jantung. Oleh karenanya jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan santai ketika duduk dan berbaring. Demikian juga ketika kita tidur dengan kepala di atas bantal dan posisi kepala sejajar dengan jantung, ia tetap memerlukan tenaga untuk mengedarkan darah kepadanya.

Dalam keadaan sujud, jantung bekerja seolah kendaraan yanng bergerak ke arah yang leih rendah. Pada posisi ini darah dapat berjalan cepat dan memompanya ke tempat penting yang disebut al-aurathi, yaitu tempat peredaran terpenting di luar jantung dan bertugas mengedarkan darah ke seluruh jantung dan bertugas mengedarkan darah keseluruh anggota badan. Ketika seseorang sujud, darah akan dengan mudah mengalir dari tempat itu dan mengedarkannya ke seluruh anggota badan.

Demikian juga dalam keaadan sujud, darah mengalir dari jantung menuju paru-paru, sebagaimana darah mengalir dari paru-paru ke bagian kiri jantung dengan diangkatnya kepala dari sujud. Sujud seperti ini dapat membantu menjernihkan darah dari paru-paru dengan membuang karondioksida dan menggantinya dengan oksigen serta membukakan jalan bagi mengalirnya darah dari jantung ke paru-paru dan sebaliknya.




Dalam keadaan sujud, hari merasakan istiharat, sebab ia semakin ringan dalam melaksanakan tugasnya, yaitu mengalirkan darah yang berlangsung secara terus - menerus. Tidak diragukan lagi keringanan ini dapat mengurangi kemungkinan terserang penyakit jantung yang banyak diderita orang - orang secara umum , dan dalam keadaan kritis dapat membuatnya lemah, pusing , sesak dada, pingsan, dan sesak nafas lalu dokter mengobatinya dengan berbagai obat - obatan. 

Orang yang sering melaksanakan sholat, yang selalu rukuk dan sujud setiap hari dan malam, maka jantungnya akan mengedarkan darah ke seluruh anggota badan. Istirahat pada kerja jantung dengan ara seperti ini tidak diragukan lagi dapat meringankan bahwa serangan penyakit jantung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel